На главнуюОбразованиеПохожее видеоЕще от: SB30 Health



Оценок: 1657 | Просмотров: 43493
Категория: Образование
Html код для встраивания видео в свой блог
Текстовые комментарии (328)
kadek dwi (5 часов назад)
Dokter knapa ganteng sekali😍
bagas fahrizal (9 часов назад)
Setuju
Badass13 joe (13 часов назад)
Aman kata amerika. Hmmm anda lupa amerika selalu sewot dengan kemajuan negara-negara yg akan berkembang ? Hadehh
Bahar Ganteng (14 часов назад)
Saya meluruskan saja. Yg di maksud generasi micin itu bukan karena penggunaan micin bumbu rempahm tapi narkotika/sabu* itu cuman istilah para pemakai. Jadi jika kita menemui generasi yg menggunakan istilah micin, membawa barang tersebut. Patut di curigai.di pantau, apa lagi org* yg kita sayangi mengkonsumsi istilah micin tersebut pasti kita kecewa dan cemas. Jadi istilah* generasi sekarang perlu di curigai maknanya.kita perlu menambah pengetahuan setiap pembaruan bahasa yg di pakai setiap generasi sekarang.
lydie Jogir (15 часов назад)
Ia emang menurut saya micin itu gk ngaruh di IQ manusia. Istri saya masak pasti ada micinnya. Toh juga anak saya ttp juara 1 di sekolahnya. Alhamdulillah
Alga6136 Revalga (21 час назад)
Yang bodoh itu orang yang pemalas mereka males belajar tapi kalo nilai jelek yang disalahin hp kalo nggak micin. Padahal enggak semua itu tergantung pada kita sendiri
Pouty Pouty (22 часа назад)
apa bener micin bisa bikin kista?
siti rubaeah123 (22 часа назад)
terima kasih banyak dok atas impormasinya sangat berguna bngt
Rizky 13 (23 часа назад)
Micin lagi yang di fitnah Padahalma orangnya aja yang bodoh
Rianda (23 часа назад)
harus bangga berarti ya dok kalo di bilang generasi micin...karena org jepang yg notabene pintar2 makan micin...setelah ini gua kalo di bilang generasi micin bakalan seneng :D
TOMCAT ROCX 182 (1 день назад)
micin koq disalahin...udh turunan kalee..bokap nyokapnya bodoh ya anaknya jg ngikut 😅
Tes Sy (1 день назад)
Ini baru dokter .
Bright Beem (1 день назад)
Apa beda msg dari ekstrak konbu dan msg dari ekstrak tebu??
Ajeng Kusumawardhani (1 день назад)
Makànya aku kalau masak gak di kasih micin. Sekarang mau tak kasih ah biar enak kata pa dokter kan gak papa
Indahnya Indonesia (1 день назад)
Mending pake MSG daripada kebanyakan garam
Arief Detective (2 дня назад)
Trus yg katanya micin menyebabkan kanker bener gak ?
Pur Wa (2 дня назад)
Yg bodoh iu orng yg gak mkn micin tp korup
Zac Zikry (2 дня назад)
Huhahahaha.. Teori gak jelas. Asal comot aja nih bocah.
Modal Skill (2 дня назад)
MSG itu bikin lemah antibody, bikin mudah sakit
Prince Voodoo (2 дня назад)
"Lu aja yg bego, gua yg disalahin!" (Micin)
Arif Rahman (2 дня назад)
berarti yang bodoh tuh yang ngatain orang lain kebanyakan makan mecin dong wkwkwwkwkk
Harits Fadillah (2 дня назад)
saya klo beli makanan sperti mie ayam dan nasi goreng klo sya lupa bilang non mecin pas sya makan kok bisa batuk" ya.. knp kira"? alergi kah? karena saya dari kecil slalu di larang memakai me cin dalam masakan..
Modal Skill (2 дня назад)
Emg MSG / micin bikin antibody tubuh menjadi lemah
Rahmat Khalifah (2 дня назад)
Bikin bodoh kalo makan mecin tiap hari sekilo
Misato Umeda (3 дня назад)
lalu kenapa orang2 itu pusing abis makan makanan chinese??? apa penyebabnya? lalu coba di expose artikel2 di majalah ibu2 karna klo gak salah dari situ sumber ketakutan ibu2 terhadap MSG!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!11
Modal Skill (2 дня назад)
Emg MSG / micin bikin antibody tubuh menjadi lemah
Yopih Prasetya Wijaya (3 дня назад)
kalau beneran makan Micin itu baru Bodoh, jk hanya di pakai sbg penyedap Rasa untuk masakan itu namanya Pintar, kan di pakainya cm sesuai takaran. yg bilang Generasi Micin itu yg beneran BODOH, dengar dari orang yg belum ada tes labnya aj sdh langsung percaya & sebarkan berita. Stupiiieed.
nurdin fadilah (3 дня назад)
Dok. Istri saya waktu program hamil disarankan untuk mengurangi atau bahkan tidak makan yg mengandung msg. Apakah memang ada pengaruhnya kalau memang msg aman2 saja?
Adhi Prabowo (3 дня назад)
Kalau kita semua sehat, dokter jadi pengangguran, beralih jadi youtuber lalu sebar2 info semacam ini biar pasien banyak lagi. Unsubscribed
Modal Skill (2 дня назад)
Yup, Ordered doctor ni channel
dhimaz plur (3 дня назад)
Anu dok Dulu saya sering nyamil micin 😅 dan sering nambahin micin ke minuman CocaCola sachet
fauziah usman (3 дня назад)
Yang pasti MSG bikin kecanduan. Kalau sudah biasa pake MSG..pas sewaktu2 masak tanpa MSG terasa hambar.
tarni ani (4 дня назад)
banyak yg slh kaprah..tp mlh justru mereka2 yg sekolah tinggi yg salah kaprah.gak tau tp sok tau
aditya kusuma (4 дня назад)
Logika sederhana jika MSG masih di jual di negara maju dan dikonsumsi berati itu aman.. Bahkan masyarakat indonesia banyak yg tidak tau gula jika dikonsumsi berlebih bisa menyebabkan diabetes, kegendutan dan garam bisa menyebabkan darah tinggi.. Tetapi masyarakat lebih takut micin tapi ga ada orang masuk rumah sakit karena micin..
sri supadmi (4 дня назад)
Alhamdulillah bgtu ya dokter, jadi sudah gk takut 2 lagi pke micinnya untuk masakannya, makasih infonya 👍
Red Spot (4 дня назад)
hanya sebuah ungkapan kok, bukan berarti fakta... sama seperti MENTAL TEMPE, emangnya kalo makan tempe jadi lembek pengecut? wkwkwkwk
Ammi Tante (4 дня назад)
saya 54 tahun pake micin msg sampe hari ini enaak aman dan sehat...terima kasih
Sariah Kamsiah (4 дня назад)
ajinomoto cup cup cap mangkok merah eeemm
MR Build (4 дня назад)
kalo makan micin bikin orng bodoh ga ada pabrik micin lagi.. suruh para pejabat dan presiden makan garem aja pasti ga mau kan?? nah peran micin itu sangat penting sebgai penawar rasa dan perasa lidah. yang bodoh tu orang yang menyalahgunakan micin sebagai cemilan.. tapi awas lebih berbahaya indomie bisa kena serangan kanker...
BungurTube (5 дней назад)
Parahnya para tukang masak/chef sok tau ngomong byk MSG bikin bego.
mushtardino (5 дней назад)
Yg jadi masalah itu pola komunikasi di keluarga dan di masyarakat yg bikin generasi kita bodoh, informasi yg salah menyimpang dan di manipulasi membuat cara pandang anak2 jaman sekarang SALAH begitu pula sumber informasinya, istilah kata buah tidak jatuh jauh dari pohonnya itu merujuk pada apa yg orang tua dan lingkungan sekitar berikan hingga membentuk pola pikir "bodoh" tersebut. Semua pada dasarnya baik dikonsumsi pada jumlah yg sesuai, segala sesuatu yg dikonsumsi tidak pada jumlah yg sesuai justru itu yg menimbulkan masalah. Sama dengan paparan informasi negatif dan menyimpang yg berlebihan.
Kero Chan (5 дней назад)
Emang dasar nya org indo udh bodoh dr sono nya
TheHoshiriSisters101 (5 дней назад)
Micin bukan bisa bikin bodoh ya tdk sama sekali,rmbt rontok
Atanasius Tendy (5 дней назад)
Yak betul. Bukan micin nya, tapi makanan nya apa.. Banuakin makan Ikan, niscaya otak pinter pasti. Ikan-ikan sungai dari Kalimantan, Sumatra, Menado atau hasil-hasil laut. 👍
Mawar Merah (6 дней назад)
generasi micin it cm kata istilah jmn skrng tok,, yg Ahir xa jd tren, trs kebiasaan ap" micin yg di salahin 😂😂
Ramuan Herbal Sriaji Obat Hiv Aids (6 дней назад)
bermanfaat sekali dokter...
Ben S Caruso (6 дней назад)
Kalo saya melihatnya seperti ini : Apapun yg berlebihan, itu tidak baik utk kesehatan. Best scenario tentunya adalah segala yg alami. Saya rasa ini sudah semacam common sense, karena ketika sakit pun dokter di RS sangat melarang makan MSG dan segala bumbu. Selalu diberikan yg pahit2 dan alamiah. Disini MSG itu sifatnya enhancer. Dimana melebih2kan rasa. Sehingga tentu ada kecenderungan membuat indra perasa kita menjadi lebih sensitif dan bekerja keras dibanding biasanya, terutama jika dibombardir dgn msg terus menerus. Jika dokter bilang by default itu tidak bikin bodoh secara umum, tentu itu fakta. Tapi perlu digarisbawahi, disini ada sesuatu yg tidak normal. Dan saya ingin dokter melihat tidak mengerucut, tapi secara overall dan berkesinambungan. Karena kasusnya disini, itu sudah dikonsumsi setiap hari, seperti yg dokter katakan sendiri. Dimana rasa yg seharusnya anggaplah skornya 5. Bisa kita buat jadi 10 dengan MSG. Keseimbangannya kandungannya menjadi terganggu. Beda tentunya dgn MSG alami, yg by default keseimbangannya sudah diatur tuhan. Mungkin yg alami tekstur dan bentuk makanannya pun sesuai, misalnya kita harus menggigit 10x untuk mendapatkan rasa MSG alami tadi. Sedangkan dengan penggunaan MSG ekstrak ini, tanpa menggigit 1x pun kita sudah bisa mendapat rasa yg sama. Dari sini saja sudah ada keseimbangan di mulut yg terganggu. Sehingga, walaupun tidak terlarang, menurut saya tetap sebaik2nya jangan konsumsi MSG ekstrak terlalu banyak. Saya tidak punya backing up dari jurnal ilmiah apapun, tapi saya merasa ini jawaban paling tepat yg saya temukan di dalam hidup saya soal MSG.
corpse bride (6 дней назад)
Saya sempat sakit otot leher dan migrain berminggu2, ketika periksa ke dokter saraf, saya disuruh mengurangi konsumsi micin... akhirnya saya puasa micin 2 minggu, migrain dan sakit otot sembuh total.. sekarang kalo abis makan yg bermicin2 otot leher jadi kaku besok paginya, dan ternyata mmg benar ktanya micin bkin penyakit saraf
Heru Setiawan (6 дней назад)
Micin tidak bersalah
Mujiati Mujiati (7 дней назад)
Kuala lumpur hadir dokter sung Mksh atas info nya ya.
Spartan 9 (7 дней назад)
Bagus banget Dr sun setuju👍🏻
jordan s (7 дней назад)
jess no limit
Obrolan Horor (7 дней назад)
Jadi aman ya dok ok buat Chalange makan msg 1 bungkus 😊😊😊😀😀😀😀😀
Dex Mahot (8 дней назад)
Sdh terlanjur basah jdx micin yg di salahkan di fitnah bkn krn micinnya tp memang dr snx bodoh malas belajar ini sdh pembodohan sebuah penemuan profesor lg
Dex Mahot (8 дней назад)
Sdh terlanjur basah jdx micin yg di salahkan di fitnah bkn krn micinnya tp memang dr snx bodoh malas belajar ini sdh pembodohan sebuah penemuan profesor lg
shoe hendreex (8 дней назад)
Justru org Indonesia itu kurang micin...🤣 Micin asalnya dari Jepang,siapa yg tdk mengakui kepintaran org Jepang...
Alexander Piero (8 дней назад)
3 gram? Pantes saya makan bon cabe satu bungkus (7.5 gram) jadi pusing.
Random Cattitude (8 дней назад)
Generasi micin yg sesungguhnya memang betul kalau lbh tepat diarahkan ke anak2 yg malnutrisi akibat kebanyakan snack2 instan
Random Cattitude (8 дней назад)
Teman chinese saya sekeluarganya anti banget sama micin, mereka yakin micin bisa membuat sel2 otak mengkerut
Joko Priyatno (8 дней назад)
Makan micin mata jadi sipit kulit jadi kuning.
Panglima gocah (8 дней назад)
Yg bodoh itu orangnya, karena disuruh belajar gak mau,cuma main game saja jdi bukan micin yg salah.
Manis Susan (8 дней назад)
Berarti bodoh it bukan karna micin tapi ws dasare bodoh....
Alvin Boys (9 дней назад)
Selamat siang Dok , hongkong menyimak saran Doker bmakasih Dok udah tampan baik lagi semuga doktwr diberi panjang umur dan sehat selalu
Efan Gundol (9 дней назад)
Gua klo gk pake micin gk mau mkn😂
Nasaroh Nasim (9 дней назад)
betull dokter
Aldi Aldi (9 дней назад)
Mau Tanya Min .? Apakah Ngemil Micin Akan P1NT4R
Nur Li (9 дней назад)
Tapi kenapa ya saya kalau masak di kasih micin malah dahaknya banyak Tapi kalau ga pake micin ya ga masalah gimana yaa kesalahanya
Kristine Veronika Widjaya (9 дней назад)
Share ah biar mereka tau kalau micin itu aman. Abis aku kesel sama org yg bodoh malah nyalahin micin wkwkwkwkwk
Puji Lestari (9 дней назад)
Keren dok....
Mb. Tarmi (9 дней назад)
Terimakasih, dr sung atas infonya.
Firda's Gallery (10 дней назад)
Kalo aman kenapa di jepang ga boleh di jual MSG?
Calvin Anik (10 дней назад)
terlalu banyk rempah" mknan indo , mending makan yg aman" ajah tp ttp sambel no 1
ipan sopianudin (10 дней назад)
lega
Soekma Soekma (10 дней назад)
Dr sung .... engkau hebat ,& tutur kata kata sungguh bijak serta berbobot untuk org tak mengerti ,jd cepat paham dgn cara dr menerangkan mudah d sadap untk org awam
Dillah Sahid (10 дней назад)
Terimakasih penjelasanya dok, krn saya kalau masak tak ketinggalan dg micin
FansSabyan Gambus (13 дней назад)
Cara diet yg bagus ,Itu gimana dokter sung
along along bungul (14 дней назад)
Kalo bikin botak.iya kayakx
Eme Lia (16 дней назад)
Mks ulasannya dokter
wiwi wiwi (16 дней назад)
drsung...kayaknya tambah gemuk ya....😁
Daniel fajar sulistya chanel (16 дней назад)
Dok apa kalau makan nasi goreng dari bumbu instan itu aman
SB30 Health (16 дней назад)
bumbu instan yang di pasar kah? kalau yang langsung diracik lebih baik dari bumbu instan di supermarket yang ada pengawetnya..
Moteimo Mote (17 дней назад)
Mksih infox dokter
Diyan Saputri (18 дней назад)
emg dasarnya otak dia aja yg bodoh wkwk,negara yg nemu micin aja ga bodoh wkwkw
MickaSelinVinanda Selin (19 дней назад)
Emak sy kalau msx gk mngkin ningglin micin so sy pun anx micin atuh
Stephen Riyanto (19 дней назад)
suami sYa makan chines food puyunghai habis selesai makan pusing kepalanya. apakah itu pengaruh juga. tapi kalo makan puyunghai ditempat lain gak pusing jadi cuma di satu tempat itu saja. dan saya juga merasakan kalo makan chinese food disitu enak tp ditelannya agak pahit dan dilidah gurih banget. apa itu msg nya alias micinnya yg masak kebanyakan.
Yulia Wirawan (19 дней назад)
Dok, mau tanya kalo makana seperti di restoran kita tidak tau berapa banyak yang dipakai, itu bagaimana ? Apakah berbahaya kalo banyak ?
Hary reizh (20 дней назад)
Sebenarnya bodoh atau tidak hanya karena kita malas untuk belajar atau membaca buku saja, anak sekarang/kids jaman now bodoh karena kebanyakan main tik tok bukan memabaca buku lagi wkkwkwkkwkwkwkwkkwkw
Yani Inay (20 дней назад)
apakah MSG bisa mnyebabkan amandel tumbuh besar dok?
Plaza Pomade (20 дней назад)
mecin halal
Devil Jin (22 дня назад)
Setuju dok , msg aman, anak anak indonesia cuman denger lagu jaman now jaman now jadi mereka ikut2 , makanya mereka melihat lirik otak.micin , makanya yg bilang micin membuat bodoh itu orang yg lebih bodoh ato gue ibaratkan kepala error/koplak/idiot, bumbu disalahin, berati ibunya bloon donk/iq jongkok, nyatanya orang orang dulu bisa jadi dokter pramugari profesor dsb, anak indo sekarang banyak nyanyi dangdut koplo, ma lagu lebay asli indonesia
Rosa Asyikien2 (26 дней назад)
MSG SINTETIS, ADA, NGGAK DOK...?
nurul gilang (27 дней назад)
HIDUP MICIN!
railfans indonesia vin JT (28 дней назад)
Terima kasih dok skr jadi ngga penasaran lagi mengenai msg krn sdh jelas kegunaan dan pemakaian nya.
wibisono gwappo (28 дней назад)
Aduh dok🙄...org yg hidup tanpa micin rata2 terlihat lbh sehat. Kulit jg lbh bagus dibanding org yg konsumsi micin. Dan knp setiap org pny penyakit kanker lgsg tdk boleh konsumsi micin? Berarti micin mengandung zat yg tdk baik utk tubuh. Pengalaman pribadi juga. 2 Kakak ku yg suka mkn sayuran tinggal di Taiwan 3thn dan sering mkn di luar tiba2 rambut mulai banyak putih dan rontok. Sesampai di Indo dmn mama tdk pakai micin. Hari demi hari rambut kembali normal...
Khalisah Rochman (10 дней назад)
wibisono gwappo sy prnh mcoba pd tanaman.satux d kasih micin n satux tdk.tyt tanaman yg d kasih micin tumbuh lebih cepat n cepat skli bbuah....jdi sy myimpulkn bahwa micin tdk bgus utk tubuh manusia n sy prnh bc artikel d tabloid bahwa micin pmicu kanket
annisa larasati (22 дня назад)
asam gluatamat ada dalam tomat,daging,Ikan,dan sejumlah makanan lainnya. MSG juga bakal jadi asam gluatamat. Jangan langsung menyorot micin.
sholehuddin alek (28 дней назад)
Gak suka mecin dok. Soalnya saya suka rasa yg ori...
Rendy Nurpratama (29 дней назад)
Gw setuju. Gw kuliah di jurusan kimia cukup bingung dengan pernyataan micin bikin bodoh. Padahal glutamat itu jenis protein. Dan micin sendiri lebih masuk golongan garam. Karena disana ada natrium & gugus amino. Gw blom pernah nemu jurnal atau tulisan yg menyatakan kebanyakan glutamat bikin bodoh. :))) Yg gw tau ya alergi masakan cina. Dulu pernah baca tentang itu. Sama persis kaya dokter sampaikan.
AM S (29 дней назад)
Dok, apakah MSG di Indonesia itu ada kemungkinan beda bahannya. Misalnya mengandung bahan yg berbahaya utk tujuan ekonomis biaya misalnya. Contoh: Nata Coco, ada yg dibuat dgn cara benar, ada jg yg ditambah zat kimia supaya cepat jadi. Ini kan beda jauh. Masalahnya, melihat komen2 yg ada, dgn menyebut MSG aman itu kita cenderung men generalisasi. Padahal contoh yg dokter berikan adalah MSG disebut aman di Amerika. Kenapa? Karena FDA Amerika bekerja dgn sungguh2. Kalau BPOM kita? Tahu pakai formalin dll aja beredar lho.
As Vhey (1 день назад)
Nah si micin ini yg menakutkan
aditya kusuma (4 дня назад)
Andi Farid itu namanya alergi.. Efeknya gatal2, kulit kebal, muka merah, sampai muntah2.. Alergi macam2 ada alergi kacang, makanan laut, obat2 tertentu.. Jadi jangan mengeneralisasi tanpa diagnosa terlebih dahulu.. Itu namanya salah kaprah..
Odento Gaming (6 дней назад)
Andi Farid sepertinya itu alergi deh mas soalnya saya pakai sabun selain sabun bayi aja rusak kulitnya
MFR HA (8 дней назад)
Kerupuk mie putih yg d kaleng2 warung itu jg kan pd pake formalin, cz klo gk pake formalin gk akan kriuk2 crispy bgtu...trus abang2 mie ayam gerobak noh ngasih mecin nya suka bnyk bgt, trus tenggorokan ane lnsng gatel2 nyelek gtu rasanya....
Andi Farid (10 дней назад)
Betul sekali. Ada juga beberapa kasus yg saya tau melalui org2 yg sangat kenal anaknya itu alami gatal2 terutama di daerah kepala yg didiagnosis karena seringnya makan mie instant mentah di sekolahnya dimana dibumbu mie instant tersebut mengandung banyak micin. trus sya sendiri dan ada temanku jg alami kalo di masakan banyak micinnya besok paginya itu tenggorokan terasa pahit banget dan kering, kalo temanku lebih parah lagi abis makan makanan yg banyak micinnya langsung terasa pahit tenggorokannya. Ini membuktikan sebenarnya micin itu ada efek negatifnya kalo di campur ke masakan apalagi kalo jumlah banyak seperti misalnya bakso yg dijual diluar sana.
Wanty W (1 месяц назад)
micin
Kenny Leo (1 месяц назад)
Sebenernya bagus juga org Indonesia cukup kritis dalam suatu isu seperti micin ini, kalau ternyata tidak berbahaya ya nga usah takut. Beda dgn org Singapura, padahal negara maju ya, MSG masih menjadi momok dan dihindari banget. Bahkan sudah ditepis bahwa MSG itu aman, masih aja nga mau berubah pikiran. Pantas saja makan Indonesia jauh lebih enak. Micin ciptaan orang Jepang dan masih dipakai di Jepang kok utk menambah rasa umami, dan org Jepang nga jadi bodoh2 tuh, bahkan sehat2 tuh.
tegar fery (1 месяц назад)
i like micinn.. nice to food..
nonce Pasantandiayu (1 месяц назад)
Ijin share ya..
DIN (1 месяц назад)
Awal nya kan ini canda an dari stand up comedy. Dr radit sama ernes. Akhirnya netizen ikut ikutan lah . Klo kesel ngatain orang jangan banykan makan micin nanti bodoh kaya kamu.
Andita Sudarli (1 месяц назад)
sya dr kecil mkn micin ampe skrng sy berkeluarga dan alhamdulullah ank"sy pinter"...lgian klau kita msak gk mukin kita msukin berlebihan ..seuprit jga cukup
Nelly Santy (1 месяц назад)
Saya msk tdk pakai micin pakai chiken stock

Хотите оставить комментарий?

Присоединитесь к YouTube, или войдите, если вы уже зарегистрированы.